JENESYS PROGRAMME PART IV (Ending)

Ini adalah part terakhir dari cerita jenesys programme,oke langsung disimak aja:
Rabu,14 Juli 2010:
Odaiba City
Hari itu kita harus berkumpul di lobby hotel pukul 6.30 untuk pengecekan suhu dilanjutkan dengan makan pagi di restaurant ileone.jam 7.30 kita bergegas menuju museum sains and technology Miraikan.ternyata hari ini kita di kota odaiba lagi.di museum miraikan beruntung sekali hari itu sedang ada pameran doraemon seperti mengenalkan beberapa alat yang pernah dipakai doraemon,ada mesin waktu,pintu kemana saja,jubah tembus pandang,dan lain lainnya.setelah itu ada tempat souvenirnya juga disitu gue tertarik untuk membeli celengan asimo.kalau dipikir pikir sempet nyesel juga kenapa gue gak beli mainan robot asimonya aja waktu itu.setelah itu kita bergegas menuju lantai atas untuk melihat pertunjukan asimo,pertama kalinya gue melihat robot didepan mata gue sendiri,asimo hanya bisa melihat kedua arah.dia juga bisa menendang dan juga lari,gue bener bener kagum.pertunjukan yang berjalan selama 30 menit itu cukup memuaskan,disitu banyak sekali teknologi teknologi yang bisa dicoba oleh para pengunjung sayangnya jadwal hari itu sangat padat kita bergegas menuju aqua city odaiba lagi untuk makan siang gue lupa nama restaurantnya tapi restaurant itu berkonsep american food tetapi juga ada beberapa makanan yang mengandung babi.pemandangan dari restaurant ini sangat bagus langsung menuju pemandangan kota odaiba.dan banyak sekali makanan favorit gue disini.terutama fettucini with cream cheese bener beener favorit gue banget. pukul 13,00 ita berangkat menuju hotel untuk bersiap siap ke national olympics and youth untuk presentasi didepan kementrian luar negri indonesia dan jepang dan beberapa orang orang penting lainnya.,hari itu kita memakai seragam sekolah indonesia.alhamdulillah presantasi kelompoknya berjalan lancar.tidak ada kegugupan didepan sewaktu kita menyampaikan.sepertinya kementrian luar negri indonesia kesal menerima beberapa hujatan dari peserta yang lebih membanggakan negara jepang dan membuat pernyataan seharusnya indonesia bisa belajar banyak dari negara jepang.tapi disini kita bebas berpendapat,apa salahnya dan mumpung lagi disini juga haha.setelah itu kita semua menuju Embassy of Indonesia , Tokyo . untuk jamuan makan malah dari pihak kedutaan besar republik indonesia.disini ternyata datang juga murid murid dari sekolah republik indonesia tokyo.mereka pun memberi pertunjukan tarian saman.dan masing masing kelompok juga harus menunjukan pertunjukan.setelah itu kita semua bersama sama makan malam.oh iya kita juga diberi sertifikat telah mengikuti student exchange oleh pihak jenesys.kita semua menuju hotel dan para peserta diharakan untuk mengemasi barang barang karena besok akan kembali ke indonesia.tapi fajar san dan yamada san mengajak kita untuk jalan jalan terakhir dimalam itu kita berencana untuk mengunjungi tokyo tower.karena ini tidak termasuk dalam daftar acara jadi kita tidak bisa menaiki bis sewaan.kita akan menaiki kendaraan umum tetapi apa salahnya malah lebih bisa merasakan.sesampainya di hotel kita semua menuju kamar untuk berganti pakaian waktu itu sudah pukul 21.00 dan ita juga harus buru buru dan tidak bisa terlalu lama nanti diluar.kita berjalan dari hotel menuju halte bis sayangnya bis untuk menuju tokyo tower sudah tidak ada lagi karena sudah malam,akhirnya fajar san memutuskan untuk mengunjungi shibuya city untuk melihat patung hachik,anjing yang ada didalam cerita,cerita ini juga terkenal di luar negri tidak hanya dijepang saja.kita bergegas menuju stasiun cukup membingungkan proses saat pembeliian tiket sampai dengan memasuki koridor untuk menunggu keretanya.kereta disini benar benar tepat waktu hanya telat beberapa detik saja.sesampainya di stasiun shibuya para peserta langsung berfoto foto didepan patung hachiko dan ditengah tengah kota shibuya.hanya 15menit kami berada disana dan harus segera kembali ke hotel lagi.malam itu kita tidak langsung tidur gue rasa banyak peserta yang bergadang menikmati malam terakhir dijepang waktu itu.gue dan adnan bermain kekamar shinta dan sausan hingga jam 2.00 dini hari.
shibuya city

Kamis,15 Juli 2010:

Hari terakhir di jepang.Gue ga sangka hari ini bakal dateng secepet ini hari ini kita semua harus meninggalkan tokyo.pagi itu semua peserta berkumpul menuju lobby hotel untuk menaruh koper dan barang bawaan.tidak ada pengecekan suhu lagi hari ini.wajah para peserta terlihat sedih.kita semua menuju ILEONE B3F lagi untuk makan pagi.gue sangat menikmati sarapan terakhir dijepang pagi itu.gue berharap hari itu ada kejadian atau sesuatu yang membuat pulang ke indo menjadi diundur tapi mana mungkin/akhirnya setelah selesai sarapan jam setengah delapan kita berangkat menuju bandara international narita.kita berpisah dengan para staff di hotel tersebut diperjalanan menuju bandara juga tidak seperti biasanya tidak ramai seperti biasanya hari itu sangat sepi kita semua sedih dan sangat berat untuk meninggalkan jepang dan juga orang orang yang sudah kita kenal disini.gue menikmati pemandangan kota tokyo sampai di bandara narita.di bis fajar san dan yamada san memberikan nasihat,kata mutiara dan pencerahan untuk kita semua.kita semua bangga sewaktu fajar san bilang "sewaktu saya membimbing jenesys batch II saya berfikir semua akan sama saja tidak ada kemajuan,tetapi setelah saya membimbing group kalian saya merasa berbeda you guys are very kind person saya bangga terhadap kalian 99% sudah seperti orang jepang,terus berjuang untuk kalian semua kelak tempat ini yang akan mempertemukan kita kembali" begitupula yamada san yang sudah mengangaap kita semua seperti anaknya sendiri.semua peserta larut dalam kesedihan kita meminta maaf apabila kita merepotkan,apabila kita suka telat ,apabila kita suka ga mendengarkan apa yang sedang dijelaskan.perjalanan menuju bandara sekitar 2jam.entah kenapa terasa begitu cepat tiba tiba kita sudah berada ditempat pertama kalinya kita menginjakan kaki dijepang yaitu bandara narita.setelah semua persiapan selesai kita berkumpul lagi sejenak.fajar san dan yamada san hanyabisa mengantarkan sampai bandara.setelah kita semua masuk ruangan pemeriksaan badan kita sudah tidak bertemu mereka lagi.pelukan terakhir dari mereka berdua yang sudah sepertiorang tua gue sendiri.sangat antri untuk masuk kealam pesawat kita melihat ada toko souvenir yang menjual gantungan kunci khas tokyo toko itu langsung rfamai oleh para peserta dan tidak hanya group gue doang.gue langsung mengambil apa yang gue liat tanpa meilih milih.karena kasirnya pun ramai dan antrian sudah kosong.setelah selesai kita semua langsung bergegas lari menuju pesawat baru beberapa menit pisah dengan mereka kita sudah tidak tertib.gue sedikit kecewa.perjalanan menuju jakarta pukul 10.50 menggunakan JAL725. perjalanan yang cukup panjang 6jam.yaaa tidak terasa sampai di bandara internasional soekarno hatta pukul 17.00 waktu indonesia.suasana sudah berbeda yaah inilah kampung halaman gue Indonesia. kangen juga dengan suasana indonesia.setelah kita selesai kita semua menuju hotel sultan lagi hahaha setelah sekian lamanya akirnya gue merasakan lagi yang namanya macet.,dihotel sultan lagi lagi gue harus berpisah dengan teman teman gue.baru 10hari kita kenal dan udah harus berpisah lagi.setelah hari itu gue pun merasakan keanehan yang biasanya semua sudah terjadwal melakukan kegiatan rutin dari pagi hingga malam sekarang cuma tinggal kenangan.gue pun terus berusaha supaya gue bisa balik ke jepang lagi.banyak sekali mungkin cerita ataupun kejadian yang tidak tercantum dipostingan gue ini karena terlalu banyak.makasih banget loh yang udah mau sempeti sempeti baca cerita gue ini. pesen gue jangan berhenti untuk bermimpi tidak ada yang tau apa kejadian yang akan terjadi dimasa depan selama kita terus berusaha pasti kita bisa.kenangan di jepang semua pelajaran yang udah gue dapat bakal terus gue ingat dan ga bakal bisa gue lupaiin!! Makasih buat fajar san dan Yamada san,Bang ucok dan Bang rekso,dan juga teman teman seperjuangan gue, kalian semua adalah keluarga baru gue.hope we will meet again in tokyo as soon as posible (Y)
Pembimbing 1 : Fajar san & Yamada san
Pembimbing 2 : Edward Taufan Panjaitan  &                         Rekso Grahara
Peserta : Eka Satria,Adnan Madya,Shinta Dewi,Sausan Baladram,Faishal Adi Prabowo,Firman Aji Bagus Permadi,Lola Nurlaelasari,Anggita,Ayu Emi Riani,Andini Cahaizar,Fadhilah Nur Azizah,Fitri Azilatin Dwi Nirmala,I Gustu Ayu Yusvidari,Jovana Devera,Nurul Khatimah,Indira Rachmita,Ratu Asih Anggie Satiti,Risa Pramudiani,Suci Ariesta Rachman Putri,Sucimiyati,Titin Restian Kartika,Tri Utami,Yunita Aji Wardani.