JENESYS PROGRAMME PART III

akhirnya setelah lama ditunggu tunggu,oke kali ini kita bakal ngebahas lanjutan cerita gue dari yang Part II.langsung aja!!!
Kokusai dori street
Shurijo Castle Park (1.16)
Minggu,11 Juli 2010:
Hari ini kita sangat sangat bersemangat,kenapa? karena hari ini kita akan mengunjungi bebagai macam tempat yang sangat seru dan menarik.oke seperti biasa pagi gue diawali dengan pengecekan suhu badan dan sarapan pagi di kantin jica okinawa.jem 8.20 kita semua menuju ryukyu no yakata kita akan observasi disana.sesampainya disana kita diperkenalkan dengan alat musik khas okinawa yaitu shashin/shimasen kalau ga salah. ternyata itu yang digunakan di dalam lagu shimanchu nu takara juga.setelah itu kita akan praktek pewarnaan binggata.seperti tas yang terbuat dari kain goni yang bergambar sheesar kita mewarnai gambar sheesar itu.tunggu sampai warnanya kering direndam diair panas dan kita akan mendapatkan warna yang bagus nantinya.setelah praktek disampingnya ada sebuah toko souvenir juga.lagi lagi kita semua menyempatkan untuk berbelanja disana.pukul 11.00 kita semua kembali lagi ke jica okinawa untuk makan siang.menu makan siang hari itu adalah "ikan". kita langsung bergegas dan buru buru menghabiskan makan siang kita dan segera menuju shurijo castle park.kita sampai disana pukul 12.50 dan langsung berfoto bersama untuk kenang kenangan secara resmi dan ada fotografernya.setelah foto kita langsung berjalan mengitari shurijo castle park yang sangat sangat luas kalau dikira kira mungkin sekitar gelora bung karno tetapi 3x lipatnya.dan ini adalah open museum dan bangunan kastilnya pun dibikin semirip mungkin dengan aslinya ditambah dengan panas terik cuaca okinawa.sungguh luar biasa seperti sedang berada dizaman kerajaan.foto yang gua posting diatas hanya 1 kastil diantara kastil lainnya.bangunan kastil disana sangat banyak.kalau di okinawa dari ketinggian kita bisa langsung melihat laut karena pulau ini kecil.disini kita juga menonton tarian ryukyu.dan yang paling menarik adalah disini pertama kalinya gue minum langsung dari air kerannya haha.tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 15.00 dan kita semua bergegas menuju kyozuka san-A atau biasa disebut kokusai dori.untuk?belanjaaaaaaa.....hahaha kenapa kita semua senang?karena disini berbentuk seperti jalanan marlioboro yang dijogja dimana banyak sekali pedagang yang berjualan dan harganya pun murah murah.tetapi kita hanya diberi waktu 1 setengah jam.dan kita semua pun buru buru.bahkan gue sempet bingung sendiri mau beli apa saking banyaknya pilihan bahkan gue terkadang suka menyesal sendiri kenapa ga gue beli yang banyak waktu itu banyak yang bagus tapi ada beberapa yang ga gue beli karena ingin membandingkan harga di toko lainnya.buang buang waktu karena gue lupa tempat toko yang murah tadi dimana tempatnya.haaaah lupakan.disini gue dapet satu barang yang sangat gue sukaiin yaitu kartu dengan berbagai macam tokoh one piece.dan yang sangat gue sesalin yaitu ga sempet foto dengan patung luffy dan chopper trus gue juga ga sempet foto ditengah tengah kokusai dori padahal waktu itu lagi car free day.selesai kita semua belanja kita semua menuju jica okinawa untuk makan malam dan makan malam waktu itu lagi lagi lauknya "ikan" kalau lo baca dari postingan sebelumnya setiap main course disini itu ikan.walaupun dimasak dengan cara yang berbeda tapi sepertinya banyak peserta yang bosan dan meminta daging kepada pelayan disitu.gue ga masalah mau makan apa gue sangat menikmati apa yang sudah disediakan lagipula selama rasanya enak why not?. setelah itu kita menuju ruang rapat untuk berdiskusi tentang apa yang akan ditampilkan nanti di tokyo waktu acara penutupan.tentang apa yang kita temukan selama berada dijepang.oh ya gue lupa bilang setiap harinya peserta juga diharuskan mengisi buku tentang apa aja pengetahuan  dan hal baru yang kita temui di jepang dan apa bedanya dengan indonesia.setelah itu yamada san berbaik hati mengajak kita ke sebuah plaza didekat daerah hotel untuk ke hyaku eng atau seperti valus kalau di indonesia yaitu barang yang harganya 100yen semua.wahkita semua langsung mengucapkan terima kasih semua kepada yamada san karena sudah berbaik hati.kita hanya diberi waktu 15menit untuk berbelanja disitu dan bertemu ditempat awal yaitu lobby plaza.gue dan 6 teman gue lainnya sampai tepat waktu tetapi sampai 20 menit kemudian baru semua peserta terkumpul lengkap yamada san sedikit kecewa karena ini pertama kalinya kita tidak menepati janji dan telat.yah tau lah bagaimana tertib dan disiplinnya orang jepang soal waktu.alhasil kita pun telat sampai di jica okinawa,kita semua minta maaf karena sudah mengecewakan yamadan san dan fajar san.oke dan semua peserta menuju kamar masing masing
Senin,12 Juli 2010:
workshop
hari ini kita mulai dengan menuju bali besar meteorologi okinawa.disini kita belajar berbagai macam.diperkenalkan dengan alat yang bisa mengukur volume curah hujan,bagaimana mendeteksi adanya kemunculan angin taifun,dsb.sangat beruntung hari itu tim mendapat kabar ada kemunculan angin taifun didaerah selatan okinawa dekat dengan filipina.tidak berbahaya untuk masyarakat okinawa tapi mereka tetap memberi peringatan untuk berjaga jaga.tidak hanya taifun kita juga belajar bagaimana mereka bisa melindungi warganya jika terjadi gempa dan tsunami.bagaimana mereka mengantisipasinya,memberi tahu kemasyarakatnya lalu memberi tahu kepada dunia.lalu kita menuju restauran banzai untuk makan siang dan dilanjutkan dengan menuju haebarucho clean center and recycle plaza disini kita belajar bagai mana mereka mengolah sampah dan memanfaatkannya kembali.Cara pengolahan sampah disana menggunakan mesin yang bekerja secara otomatis yang di gerakan oleh komputer,sisa2 sampah yang tidak bisa di daur ulang lagi yang bentuknya seperti pasir, ternyata  masih bisa digunakan untuk pembuatan jalan sebagai pengganti aspal bahkan aspalnya menggunakan daur ulang botol kaca yang tidak di gunakan lagi.Sampah yang dibakar juga  tidak mengeluarkan asap / mengeluarkan CO  sedikitpun dari cerobongnya,karena mereka mebakar terus sampai benar benar habis dan uapnya mereka hisap dan pergunakan kembali untuk membakar sampah baru lainnya dan begitu seterusnya.dan juga ada sistem yang dapat mengubah asap menjadi air yang dapat diminum dengan beberapa proses (gue lupa lagi gimana prosesnya hehe..)tapi itu hebat sekali,semua sampah bisa berguna dan yang buat gue kaget ternyata sampah bisa menjadi tenaga pembangkit listrik..dan ada juga sampah botol yang bertuliskan “pet” di bawah segitiga bisa diubah jadi benang dan dapat dibuat menjadi baju..mereka benar benar tahu bagaimana memanfaatkan lalu mengubahnya kembali menjadi barang yang berguna.lalu kita kembali lagi ke jica okinawa untuk makan malam lalu melanjutkan workshop dan persiapan untuk nanti ditunjukan di embassy of indonesia tokyo.malam terakhir di okinawa,
Selasa,13 Juli 2010:
Aqua City,Odaiba
hari ini harus segera kembali lagi ke tokyo,sedih juga yang tadinya gue sangat males di okinawa tapi berubah setelah gue mengunjungi tempat tempat yang sangat menarik disini.pagi itu seperti biasanya diawali dengan pengecekan suhu badan dan makan pagi.lalu kita menuju kamar masing masing untuk membereskan bawaan kita jangan sampai ada yang tertinggal.lalu kita check out dari jica okinawa tetapi kita masih menggunakan nira hall untuk sekali lagi membuat tugas bahan workshop untuk acara penutupan di tokyo nanti.pukul 12.00 siang kita berangkat menuju kantin jica untuk makan siang hari terakhir makan di kantin itu.gue bakal kangen banget sama suara pelayan di kantin itu yang selalu mengatakan ha'i dozo! dan kita membalas domo arigato gozaimashita.lalu kita menuju bandara naha pukul 13.30 diperjalanan kita memuaskan mata kita melihat pemndangan okinawa.lautnya yang biru dan indah,patung patung sheesar,cuaca teriknya okinawa dengan suara suara binatang musim panas dan sebagainya.pukul 15.30 kita berangkat menuju tokyo dengan menggunakan JAL914.pukul 17.55 kita tiba di bandara Haneda.hello tokyo we meet again!! hari itu suhu di tokyo sedikit berkabut.kita melihat pemandangan di kota metropolitan itu lagi menuju aqua city di kota odaiba dan makan di restaurant surabaya.setelah itu fajar san mengajak melihat pemdangan di luar gedung.pemandangan kota odaiba malam hari sungguh sungguh menakjubkan.persis seperti yang ada difilm digimon yang pernahgue tonton.tempat persembunyian vandemon,sewaktu terjadi keributan di kota odaiba,sewaktu vandemon bertarung diatas gedung tv tokyo melawan angewomon.wah sungguh persis sekali.kita memuaskan foto foto ditempat itu.gue bener bener gamau beranjak dari pemandangan itu.tapi apa boleh buat.di perjalanan menuju bis gue ngelewatin toko one piece dimana semua yang berbau one piece dijual disitu.gue iri ngeliat peserta dari group lain yang beli topi luffy dan topi chopper disitu.gue mau banget tapi waktu itu sudah harus segera menuju bis semua.gagal harapan gue.kita semua menuju hotel grand new prince takanawa lagi.

Oke,Lanjut di Season End dari cerita Jenesys Programme. see you soon on jenesys programe part iv