JENESYS PROGRAMME PART I

ehm,postingan pertama gue.ada satu cerita, udah basi si sebenernya tapi karena banyak yang nanya apa aja si kegiatan yang gue lakuiin dari tanggal 6juli-15juli 2010 kemaren?check this out!
Hotel Sultan
hari itu tanggal 22 juni 2010 disaat masa masa pkl gue tinggal sebulanan lagi di hotel grand hyatt jakarta.entah gue lagi ketiban keberuntungan atau emang udah jalannya.pas banget gue yang biasanya masuk shift sore lagi di suruh jadi masuk shift pagi.hari pertama masuk shift pagi yah as ussualy gue kaget karena yang biasanya gue nyantai ini gue extra sibuk dengan occupancy hotel yang lagi tinggi,gue pulang sekitar pukul 16.00 perjalanan yang sangat melelahkan karena harus berbarengan dengan orang orang kantoran lainnya,yah maklum jam pulang kantor..jalanan padat,antrian busway panjang,sumpek sumpekan didalam busway,dsb gue sampe rumah pas adzan maghrib,pas banget gue lagi mandi gue denger handphone gue bunyi yah gue pikir paling nyokap nanyaiin tadi gimana pkl nya.pas gue selesai mandi gue liat,loh tumben guru gue telp ada apaan nih.ga lama dia sms "sat,bisa telp ibu gak?penting nih!" yasudahlah dengan pulsa pas pas an gue telp tanpa basa basi guru gue bilang "sat,kamu mau ke jepang? kesempatan ga dateng dua kali,jadi pikirin bener bener" tanpa pikir panjang gue bilang "IYA" guru gue juga ga menjelaskan panjang lebar intinya dia bilang itu acara pertukaran pelajar dan gue harus kesekolah buat info lebih lanjut.ga lama kemudian nyokap gue telp sambil nangis dia barusan terima telp dari ketua jurusan gue dan bilang: udah kita sepakati yang akan pergi kejepang perwakilan dari sekolah hanya eka seorang.tolong segera diurus dokumen,paspor,foto dan sebagainya secepatnya karena akan dikirim ke menpora. gue cuma bisa bilang alhamdulillah ya allah impian gue dari kecil buat bisa ke jepang akhirnya terwujud juga.oke besoknya gue langsung balik ke tangerang gue ngejer waktu mulai dari nembak bikin paspor,nyuci foto,ngisi data data,surat persetujuan,visa,biodata dsb yang harus segera dikirim ke menpora besoknya.paspor gue jadi dalam sehari dan tentunya harus merogok kocek lebih besar lagi.gue juga harus nyiapin pakaian daerah,persiapan apa yang bakal gue kenalin nanti di jepang,dan cindera mata khas indonesia. alhamdulillah semua berjalan lancar semua keperluan udah dikirim ke menpora dan gue akan berangkat tanggal 4 juli 2010.sambil menunggu gue ngelnjutin sisa pkl gue.entah kenapa dari tanggal 1-3juli sebelum keberangkatan ada aja cobaannya.mulai dari kaki gue pincang kepentok trolley,badan gue panas,flu,batuk,demam.ternyata allah berkehendak lain pas hari H tanggal 4 juli 2010 gue bener bener sembuh.
Mingu,4 juli 2010:
hari itu kita semua disuruh berkumpul di Hotel Sultan Jakarta,ternyata kita ga langsung berangkat kita harus registrasi dulu di lagoon cafe.disinilah batas terakhir orang tua gue nganterin gue.pesan terakhir dari orang tua gue jaga kesehatan yah,jangan malu maluiin nama indonesia,semangat yah!! gue bener bener merasa asing ga ada satupun yang gue kenal disini.gue ga tau gue masuk di group apa tapi waktu itu gue sangat ngarep bakal dapet di group hokaiddo. ternyata gue dapet di group okinawa. dari data data yang gue baca sebelumnya okinawa itu pulau kecil yang berada di ujung selatan jepang dan pulau dengan temperatur panas yang lebih dari kota jakarta,berbeda dengan hokaiddo yang berada di ujung utara jepang. masing masing group terdiri dari 21 siswa dan 2orang pembimbing dari indonesia,setelah pembagian group.munculah dua pembimbing group gue yaitu Edward taufan panjaitan dan Rekso grahara yang biasa dipanggil bang.ucok dan bang.rekso . kita semua menuju ballroomd hotel untuk membicarakan dan memberi gambaran sedikit tentang kegiatan dan acara dijepang nanti.daaaaan gue masih belom kenal dengan siapapun yang ada di group gue, sampai waktunya pembagian kamar hotel gue satu kamar dengan adnan madya salah satu murid yang bersekolah di smkn 30 jakarta.mulai lah berbasa basi dan berbincang bincang agar lebih akrab.pukul 22.00 kita memutuskan untuk segera tidur karena besok adalah hari penentuan.
Senin,5 juli 2010:
hari yang sangat menegangkan karena hari ini adalah hari penentuan dimana harus dilakukan pengecekan suhu.siswa yang akan diberangkatkan ke jepang suhu badannya tidak boleh lebih dari 37,5' celcius. senin siang gerombolan group okinawa memasuki ruang ballroom disitu benar benar suasana yang sangat menegangkan apalagi saat gue diperiksa dan suhu gue ternyata 37,9'celcius . gue ditahan dan disuruh memasuki ruang dokter untuk diperiksa. bener bener galau itu aduh apa gue gajadi berangkat ke jepang.alhamdulillah setelah diperiksa dokter ternyata gue dinyatakan baik baik aja dan boleh berangkat ke jepang. gue keluar ruangan dengan muka bangga.disitu kita melanjutkan ke acara selanjutnya yaitu pembukaan jenesys programme batch iii oleh pihak menpora sekaligus makan siang di ballroom tersebut,acara yang sangat formal seperti table maner hanya saja tidak terlalu baku.setelah acara selesai masing masing siswa diberikan jaket jenesys dan batik.gue sangat bangga memakai jaket jenesys programme dengan tulisan indonesia dipunggungnya.setelah makan siang kita diperbolehkan istirahat,di kamar gue dan adnan memeriksa dan membereskan koper masing masing agar tidak ada barang yang ketinggalan dan semua kelengkapan sudah masuk kedalam koper.jam 18.00 semua rombongan menuju bandara internasional soekarno-hatta di daerah cengkareng.sambil menikmati makan malam di bis wajah semua peserta terlihat gembira mungkin yang ada difikiran semua teman teman gue sama seperti yang gue fikirin hehe.kita sampai di bandara pukul 21.00. kita menunggu proses pengurusan visa dan paspor.dan terlihat andi malaranggeng memberi masukan dan support kepada para peserta dan saat saat yang ditunggu tunggu tiba akhirnya kita semua berangkat menuju jepang pukul 22.15 menggunakan japan airlines (JAL725).untuk pertama kalinya gue melewati beberapa proses,ternyata lumayan panjang juga pemeriksaan nya.pas banget seperti yang gue inginkan gue dapet kursi disamping jendela.akan menempuh perjalanan yang sangat panjang karena membutuhkan waktu selama 6 jam.goodbye indonesia i'll be back again and welcome japan!!!!
Selasa,6 juli 2010:
Tokyo tower
begitu gue terbangun dari tidur gue gue melihat jam tangan dan masih pukul 3.00 oh iya gue lupa selisih waktu indonesia sama jepang adalah 2 jam.dan itu artinya udah pukul 5.00 waktu jepang.gue melihat pemandangan diluar jendela.sungguh pemandangan yang luar biasa bisa melihat matahari terbit dari pesawat.walaupun tidak terlalu jelas karena banyak gumpalan gumpalan awan yang sangat besar.here we go!! pukul 7.25 pesawat mendarat di bandara international narita,Tokyo. disitulah pertama kalinya gue dijemput oleh fajar san.pembimbing gue yang satu laginya yang dari jepang.kita semua menuju hotel dengan menggunakan bus.disinilah hari hari gue dimulai dengan membiasakan diri seperti orang jepang.saat menaiki bus kita diwajibkan memakai hand sanitizer.perjalanan menuju hotel sangat sangat menyenangkan.kenapa? mata gue bener bener dimanjakan dengan pemandangan baru!! woooow! Jepang,sungguh negara yang sangat luar biasa.selagi diperjalanan fajar san juga seperti tour guide.sesampainya di kota tokyo cuma bisa bilang waaaaw! ini toh tokyo mata gue bener bener dimanjaiin sama pemandangan baru mulai dari disney land,kuil kuil,tertibnya kota tokyo,bersihnya kota tokyo.yang biasanya gue melihat mobil mobil sangat padat dijakarta.di tokyo gue liat kerumunan orang mulai dari yang muda sampai yang tua lebih banyak berjalan kaki/memakai sepeda ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.gausah takut jepang punya jalur khusus pejaln kaki dan pengguna sepeda.kita lebih safety.jam 10.00 kita check in di hotel grand new prince takanawa dan gue satu kamar lagi dengan adnan.makan pagi pertama gue dijepang sangat sederhana hanya nasi bento tapi gue sangat suka.setelah beristirahat sebentar dan mandi acara dilanjutkan dengan menuju ke national olympics memorial youth center disini kita orientasi keseluruhan group sekaligus acara pembuka.acara selanjutnya dilanjutkan dengan makan malam di bali cafe monkey forest yang berada di daerah shibuya.sungguh makan malam yang sangat menyenangkan.walaupun hari itu makan masakan indonesia lagi tetapi siapa sangka ternyata kokinya juga orang indonesia sendiri yang sudah lama bekerja dijepang.sekitar pukul 19.10 kita semua kembali ke hotel.di jepang jam 8.00 malam pun masih terlihat sedikit terang.dan jam 5 pagi pun sudah terbit matahari.kita sampai di hotel pukul 21.00 dan seperti biasa kita absen jam malam dulu.oh iya tata tertibnya kita tidak boleh keluar lebih dari jam 10.00 malam kalau dijepang jika kita masih pelajar dan tidak dibimbing oleh orang tua kita,karena akan diadakan razia pelajar.setelah itu kita ke kamar masing masing dan segera beristirahat karena besok pasti akan lebih menyenangkan lagi
Rabu,7 juli 2010:
sukiyaki time

shinjuku i-land patio
hari ini kita makan pagi di restaurant asuka yang berada di dalam hotel dan kita berangkat menuju edo tokyo museum pukul 8.20 acara pertama adalah ceramah dengan bahan diskusi jepang dan orang jepang yang diselanggarakan di ruang rapat edo tokyo museum.gue ngedapet banyak pengetahuan hal baru salam ceramah ini.,ulai dari cara pemerintah jepang bisa menerapkan sistem pemilahan dalam pembuangan sampah,bagaimana jepang bisa bangkit kembali dari kemiskinan akibat perang dunia II,dan jepang pun  lebih mengutamakan pendidikan.walaupun sumber daya alamnya nol tapi mereka bisa bangkit kembali dengan kemampuan dan usaha keja keras mereka.dan dilanjutkan dengan makan siang di hanano mai yang berada disamping museum.gue sempet berfikiran ga lengkap kalo ke jepang ga makan sukiyaki.eh pas banget ternyata makan siang kita kali ini adalah sukiyaki.gue sangat menikmati banget makan siang gue waktu itu.walaupun banyak isi di mangkuk sukiyaki itu yang ga gue tau apa nama makanannya tapi setelah gue coba enak enak aja walaupun aneh aneh dikit haha.setelah makan siang kita menuju edo tokyo museum lagi untuk observasi bener bener museum yang megah dan luas.jadi disini museum dengan gambaran,replika replika,dan barang barang bersejarah lainnya waktu zaman edo dulu.benda benda tradisional,replika rumah rumah,keadaan zaman edo dulu,bahkan kepingan kepingan batuan sewaktu terjadi ledakan di nagasaki dan hiroshima juga disimpan disini.bener bener puas.dan makan malam kita selanjutnya di daerah shinjuku. kita masuk kedalam sebuah open mall bernama shinjuku i-land patio kita memakan hidangan khas indonesia di restauran jembatan merah.oh iya setiap kita melewati tokyo tower pasti banyak peserta yang bergegas memegang kamera untuk mengabadikan fotonya. dilanjutkan dengan jalan menuju hotel lagi.malam terakhir di tokyo karena besok kita harus melanjutkan perjalanan ke okinawa.malam itu peserta harus membereskan barang bawaannya lagi dan harus benar benar mengecek agar tidak ada lagi yang tertinggal.
oke cerita selanjutnya bersambung di jenesys programe part ii !!!!!!