On The Job Trainee at Grand Hyatt Jakarta

Kali ini gue mau ceritaiin saat dimana gue benar benar menjadi seorang cheff di salah satu hotel berbintang didaerah jakarta pusat.mungkin ini adalah salah satu pengalaman tergila gue disaat gue menjadi sosok yang sama sekali ga gue suka dan ga minat sama sekali dan gue pun ngelakuin training ini selama 6bulan cuma buat ngedapetin sertifikat.jadi jaman jaman gue smp itu gue bener bener nyantai banget sampe akhirnya disaat orang orang sibuk masuk ke sma favorit gue masih diem aja gatau apa apa dan gamau cari tau.dan mepet mepet penutupan mahasiswa baru gue baru mulai aktif cari cari info lewat internet.waktu itu semua sma udah nutup pendaftaran mahasiswa barunya yag kesisa paling cuma sma sma swasta,smip,ataupun smk.gue coba buat test di smk negeri 1 tangerang.dapet nomor 1151 sedangkan waktu itu yang dipanggil baru nomor 103.dengan santainya gue buang itu kertas terus langsung balik.pas jalan balik gue ga sengaja lewatin smk negeri 3 tangerang dan coba cobalah gue masuk karena didepannya ada tulisan jurusan teknik komputer dan jaringan juga.yaudah gue masuk dan ngeliat yang daftar di jurusan tkj rame banget gue malah ngetest di jurusan pariwisata.dan akhirnya setelah melewati beberapa test akhirnya gue keterima di smk negeri 3 tangerang dengan jurusan tata boga.wtf!? kalo gue inget inget gue kok bego banget sih sampe sebegitu sepele nya -_- nah jadi kalo di smk itu pas semester 3 kita diwajibin buat praktek kerja lapangan di industri.nah karena gue tata boga ya jadi pkl nya di restaurant atau di hotel.waktu itu gue dicalonin sama guru gue buat test di hotel grand hyatt jakarta.gue ngelewatin beberapa test interview sebanyak 3kali.dan lagi lagi selama nunggu interview yang lain mah pada tegang dan latihan buat interview.gue? malah mainan hp..becanda becanda sama temen gue,ketawa haha hihi ga karuan bukannya latihan.sampe akhirnya nama gue dipanggil untungnya sih gue lancar lancar aja ngejawab semua pertanyaannya.dan gue takjub banget begitu denger gue diterima di hotel itu.waaah betapa beruntungnya gue ini bisa dapet tempat pkl di hotel yang bagus.seriusan nih gue harus pkl?gue masih 16tahun dan harus disamakan dengan lulusan lulusan sma ataupun para pekerja yang udah serius dalam kerjaan buat masa depannya.awalnya gue ga yakin tapi gue mikir ya itung itung pengalaman dan ini juga demi dapet sertifikat supaya gue naik ke semester selanjutnya.oke skip saat dimana gue nunggu sebelum pkl.dan tepat tanggal 5januari semua trainee baru diwajibkan hadir buat acara pembukaan,dan pengenalan,terus nantinya kita bakal ditempatin di outlet mana.masih dengan style an gue yang seperti sales.kemeja putih,dasi item,celana bahan item,sepatu pantopel,dan rambut kelimis.keesokan harinya gue baru bener bener kerja.ya hari pertama semangat banget dan rada gugup juga.takut datengnya telat sampe 45menit sebelum jam kerja dimulai.dan pertama kali gue kerja aja udah harus bener bener jaga stand didepan dan berhadapan dengan tamu face to face dan gue pun harus masak didepan tamu itu karna konsep restoran tempat gue kerja itu buffet.ya dengan skill seadanya coba coba pake feeling ya lumayan beberapa tamu ada yang bilang enak.seminggu kerja semuanya lancar dan gue mulai terbiasa dan ga kerasa udah seminggu aja walaupun masih ada 5bulan 3minggu lagi sisa waktu kerja gue.dan tepat keesokan harinya entah apa yang ada dipikiran gue.disaat temen gue minta adonan waffle dan gue disuruh buat ngambil adonan yang baru,berhubung masih baru juga gue gatau adonan waffle itu yang mana dengan nekatnya gue asal ambil aja yang ada dichiller berhubung warna dan bentuknya sama juga dengan sangat pedenya gue ambil adonan itu.dan ternyata itu adalah french dressing(semacam buat salad gitu).karena kesalahan gue itu tamu tamu yang daritadi nunggu jadi gajadi mendapatkan waffle nya karena mesin waffle nya harus dibersihin dullu gara gara malah mayonaise bukan adonan yang dituangin kemesin itu,belom lagi pesenan yang di room service juga jadi batal gara gara gue.bos gue melotot sama gue mau marahin gue mungkin masih dimaklumin gue masih trainee baru -,- dan gue mulai ga betah semenjak kejadian itu.tapi ya mau gimana gue harus membiasakan situasi seperti ini belom lagi kalau masuk pagi itu gabisa nyantai karena occupancy hotel yang rame terus.tapi bukan berarti gue bisa santai juga di shift malem terlebih kalo udah weekend malem pasti rame oleh orang orang yang pada makan belom lagi kalo ada yang ngerayaiin pesta ulang tahun.dibulan kedua gue dipindahin jadi shift sore yaitu jam kerja 14.30-23.00 selamat dari bos gue yang seram dan dingin di shift pagi ternyata di shift siang lebih parah.gue harus menghadapin bos gue yang orang batak,dingin,dan kejam kata katanya dan tatapannya lebih lebih ya udah keliatan pasti itu orang bencana buat gue deh pasti gue juga bakal bermasalah sama dia.bener aja kan dibulan ketiga gue ngelakuin kesalahan yang amat sangat konyol yaitu jatuhin sterno(pemanas makanan) kedalem sup yang masih terisi penuh dan pas itu juga gue langsung digeret masuk kedalem kitchen dan gue diomelin abis abisan sama bos gue yang orang batak itu.udah gitu waktunya juga masih jam 7 dan jam pulang masih lama,gue gatau deh tuh harus gimana dengan suasana kaya gitu yang udah ga enak banget.terlebih bos besar gue yang dingin itu masih ada,gue tiba tiba nyamperin keruangan dia dan minta maaf gitu dan dia sempet bingung dan setelah gue jelasin.dia senyum lebar gitu sama gue kaya orang lagi kesel dipaksa senyum gitu huahahaha menyedihkan banget.oh ya disini seharusnya jadwal gue pulang itu jam 23.00 dan restoran pun baru tutup jam 23.00 dan belom harus beres beres in stand didepan.beres beresin makanannya dan belom juga balikin cake cake nya ke pastry.itu semua butuh waktu 1jam.dan parahnya gue selalu pulang diatas jam 12.itu seharusnya masuk overtime tetapi mereka gamau tau gitu.benar benar kejam -,- setiap harinya selalu mandangin kalender dan terus bertanya "kapan selesaai?" "kapan gue bebas?" semakin lama semakin malas malasan berangkatnya dateng 15menit sebelum masuk malah terkadang 5 menit sebelum masuk.dan pernah juga gue telat dan gue masuk restoran dengan jalan berbarengan sama temen gue yang udah masuk daritadi supaya ga ketauan.dan dibulan ke4 bos gue yang orang batak itu ambil cuti selama sebulan dan gue merdeka ga ada dia huahaha.dan dibulan ke5 gue mendapatkan kabar soal program jenesys dan gue sempet ga masuk selama 3hari.tapi sebelumnya gue udah konfirmasi dulu.dan disaat saat terakhir pengen keluar pun entah kenapa gue dipercaya buat bantuiin comis cheff dibagian western buat ngebuat makanan langsung buat orderannya mungkin ada yang suka nonton acara harmoni alam di trans tv?cheff galih ya itu dia orangnya.yang pastinya lebih cape dan lebih bertanggung jawab.engga kerasa udah bulan ke6 dan bentar lagi pun gue bakal ninggalin tempat ini disaat saat terakhir kenapa gue malah jadi "suka" sama ini dapur dan suasananya..sedih juga dan yang pastinya bakalan kangen banget moment moment rusuh dikejar banyak orderan,moment moment tiap selesai kerja cemal cemil makanan sesuka hati mulai dari main course,es cream sama dessert dessert nya di pantry bawah.dan setelah keluar gue pun harus mengurus pengambilan sertifikat sama nilai.ya untungnya gue dapet nilai bagus walaupun udah beberapa kali ngebuat kesalahan.intinya kerja itu susah dan ga gampang.dan gue tau seberapa susahnya cari uang itu walaupun disini gue ga di gaji.terlebih pekerjaan itu tuh bukan niat gue banget.tapi ya mau gamau harus dijalanin buat mencapai suatu "tujuan" dan kadang kita harus ngorbanin salah satunya.apaan coba sok bijak gini gue.huahaha oke see you on next post

6 comments: